Element

Bikin Sendiri Permainan Sensori untuk Anak di Rumah

Bikin Sendiri Permainan Sensori untuk Anak di Rumah

Bunda ingin mengajak anak mengikuti sensory class? Sayangnya di tengah situasi pandemi saat ini, diam di rumah adalah tindakan bijak. Nah, jangan khawatir karena di rumah sekalipun, Bunda juga bisa kok membuat sensory class sendiri buat si kecil. Bentuk permainan edukatif apa saja nih yang bisa Bunda bikin sendiri di rumah?

Oke, tanpa berlama-lama ByeBye-FEVER akan coba memberi tips cara belajar efektif yang bisa Bunda pakai buat bikin sendiri permainan sensory sendiri di rumah. Tapi sebelum itu, buat yang belum familier, sensory class adalah kegiatan yang bertujuan untuk menstimulasi kemampuan sensorik atau panca indera anak sejak dini. Asal Bunda tahu, ada sekitar dua juta koneksi saraf terbentuk di otak bayi tiga bulan sejak ia dilahirkan. Karena itu, stimulasi sejak dini bisa berpengaruh besar buat kecerdasan dan keterampilan anak di masa depan. Bentuk permainan sensori ini bisa bermacam-macam, Bun. Tapi yang jelas, kegiatan ini harus mampu merangsang panca indera anak, seperti melihat, mendengar, mencium, dan meraba.

Permainan edukatif dalam bentuk kegiatan sensori ini dapat Bunda mulai sejak bayi usia 0. Tapi, sebelum bayi usia 6 bulan, permainan sensori paling hanya sebatas mengenalkan objek berwarna kontras (hitam dan putih), lalu bertahap mengenalkan objek yang colorful melalui buku bergambar misalnya. Kemudian, biarkan si kecil menyentuh benda-benda yang aman di sekitarnya, seperti  selimutnya atau bonekanya untuk mengenalkannya pada perbedaan tekstur.

Nah, ketika si kecil sudah memasukki usia 6 bulan hingga lebih, bentuk permainan sensori dapat dibuat makin seru. Soalnya pada usia ini, bayi sudah bisa makan dan makin rajin mengeksplorasi. Kalau begitu, ByeBye-FEVER bakal memandu Bunda buat bikin permainan sensori sendiri di rumah sehingga lebih aman, menyenangkan, juga nyaman bagi si kecil, senyaman sensasi sejuk dari hidrogel plester ByeBye-FEVER ketika melekat di dahi, lipatan paha, atau lipatan ketiak si kecil saat demam. Yuk, langsung simak beberapa ide permainan sensori berikut, do it yourself ya, Bun! 

 

1. Bermain Beras

 

 

Siapkan dua sampai tiga wadah dan isi masing-masing wadah dengan beras. Lalu, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan pada setiap wadah, misal warna kuning, merah, dan biru. Kocok dan pastikan semua beras terwarnai dengan baik. Selanjutnya, tuang beras ke atas koran dan jemur hingga kering. Setelah beras kering, kumpulkan semua beras dalam satu wadah. Voila!

Setelah jadi, biarkan si kecil bermain dengan cara menggenggam beras warna-warni tersebut. Jika wadah beras cukup besar, Bunda pun bisa mengangkat si kecil dan membiarkan kakinya menginjak dan bermain dengan beras. Permainan beras warna-warni ini baik untuk melatih penglihatan dan indera peraba si kecil. 

 

2. Bermain Adonan

 

Play dough maupun bermain dengan lilin plastisin adalah salah satu  permainan sensori yang paling umum. Mengutip dari SehatQ, cara bikinnya adalah campurkan 2 cangkir baking soda, 1 ½ cangkir air, 1 cangkir tepung maizena ke dalam sebuah mangkuk, dan beberapa tetes perwarna makanan, lalu aduk rata. Tuang adonan ke dalam panci, lalu panaskan di atas kompor berapi sedang. Aduk terus adonan hingga menjadi kental dan kenyal. Matikan kompor dan biarkan adonan menjadi agak dingin. Setelah itu, keluarkan adonan dari panci, uleni di atas telenan atau papan kayu, dan bentuk menjadi bulat.

Adonan pun siap dimainkan dan dibentuk apa pun sesuai keinginan si kecil. Selain melatih indera perabanya, bermain adonan juga melatih kreativitas serta kemampuan berimajinasi dan merancang si kecil lho, Bun!  

 

3. Bermain Botol Bersuara

 

Siapkan dua atau tiga botol kosong, lalu isi masing-masing botol dengan isian yang berbeda, misal beras, kacang-kacangan, dan kelereng. Tutup botol dengan rapat, lalu lapisi bagian luar botol dengan lakban berwarna hingga isian botol tidak lagi tampak.

Baik Bunda maupun si kecil, bisa mengocok botol-botol tersebut. Yang jelas, minta si kecil menebak isian dari botol yang dikocok tersebut. Mana yang berisi beras, kacang, maupun kelereng. Hal ini berguna untuk melatih pendengaran si kecil, Bun.

 

4. Bermain Air Beraroma

 

Ambil sebuah wadah, lalu Bunda isi dengan air secukupnya. Selanjutnya, iris beberapa lemon dan akan lebih bagus lagi jika Bunda punya beberapa kuntum bunga seperti melati atau kamboja. Kemudian, masukkan lemon dan bunga jika ada ke dalam wadah. 

Si kecil dapat bermain dengan menyentuh irisan lemon dan bunga-bunga yang mengapung di  air. Menariknya, bentuk permainan yang satu ini akan mengeluarkan aroma, Bun. Jadi, kegiatan ini bagus banget buat menstimulasi indera penciuman si kecil.

 

Bagaimana Bun, apakah Bunda suka dengan ide-ide permainan sensori di atas? Bisa langsung dipraktikkan di rumah lho! Dalam pembuatan permainan sensori, upayakan selalu penggunaan bahan-bahan yang tidak berbahaya ya, Bun alias child friendly

Yuk, ciptakan sensory class sendiri yang menyenangkan buat si kecil di rumah dan jika Bunda masih butuh ide permainan edukatif lainnya, silakan cek di sini ya! 

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down