Element

Amankah Membiarkan Anak Main Hujan-Hujanan?

Amankah Membiarkan Anak Main Hujan-Hujanan?

Rasanya, setiap anak suka main hujan-hujanan ya, Bun? Bermain adalah aktivitas yang tidak bisa dilepaskan dari anak-anak. Selain memberikan kesenangan bagi si kecil, bermain juga punya banyak manfaat lain seperti melatih kreativitas hingga mengajarkan kerja sama jika anak bermain dengan anak-anak lainnya. Namun, bagaimana dengan main hujan-hujanan?

Sama seperti permainan lainnya, main hujan-hujanan juga merupakan aktivitas menyenangkan bagi si kecil. Sayangnya, orang tua sering merasa khawatir jika anak hujan-hujanan karena bisa menimbulkan penyakit tertentu.

Membiarkan anak main hujan-hujanan sebenarnya bermanfaat

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan membiarkan anak main hujan-hujanan. Kegiatan tersebut justru punya banyak manfaat, di antaranya:

1. Meningkatkan kemampuan fisik dan motorik

Saat si kecil main hujan-hujanan, seluruh tubuhnya akan bergerak, entah itu melompat, berjoget atau mencipratkan air pada temannya. Semua gerakan tersebut ternyata bisa memberikan stimulasi motorik spesifik pada anak, lho, Bun. Baik koordinasi tubuh, kelincahan, maupun keseimbangan akan terlatih saat si kecil bermain hujan.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Salah satu alasan mengapa orang tua tidak mengizinkan anak main hujan-hujanan adalah karena bisa menyebabkan penyakit. Namun, ternyata bermain hujan justru bisa meningkatkan imunitas si kecil. Sebab, saat bermain air hujan, anak akan beradaptasi dengan suhu dingin dari hujan. Inilah yang kemudian mendorong imunitas tubuh untuk menyesuaikan dengan perubahan suhu.

3. Merangsang kreativitas anak

Seperti yang sudah disebutkan, bermain akan merangsang kreativitas anak. Bermain di sini pun termasuk main hujan-hujanan. Di tengah hujan, anak akan memikirkan aktivitas apa saja yang bisa membuat mereka senang. Hasilnya, berbagai aktivitas seru muncul saat anak bermain hujan. Entah itu bermain kapal-kapalan atau sekadar menciprat-cipratkan air.

Tips agar anak tidak sakit saat mandi hujan

Main hujan-hujanan akan tetap aman asal Bunda punya persiapan yang oke. Jadi, penyakit pun enggan hinggap meski anak mandi hujan, Yuk, simak tipsnya!

1. Hindari hujan pertama

Sebaiknya anak tidak bermain hujan-hujanan saat hujan pertama baru turun. Ini karena hujan pertama (pada musim penghujan atau setelah lama tidak turun hujan) mengandung banyak zat-zat berbahaya yang ada di udara. Hujan pertama turun untuk membersihkan polusi, debu, dan kotoran lain yang ada di udara.

Air hujan pertama akan membawa semua kotoran tersebut. Maka, tidak heran kalau air hujan pertama biasanya cenderung keruh dan agak berbau. Nah, air hujan yang kotor tersebut bisa menimbulkan efek yang tidak bagus untuk kesehatan Si Kecil. Jika anak ingin bermain hujan, sebaiknya tunggu beberapa hari dulu hingga udara lebih bersih.

2. Segera mandi dengan air hangat setelah bermain hujan

Cara paling ampuh untuk mencegah datangnya penyakit setelah bermain hujan adalah dengan mandi air hangat. Setelah anak selesai bermain hujan, segera seka tubuhnya dengan handuk kering dan lepas semua pakaiannya yang basah. Kemudian, lanjutkan dengan mandi air hangat. Jangan lupa juga untuk menggunakan sabun atau disinfektan agar tidak ada virus dan kuman penyakit yang hinggap di tubuh si kecil ya, Bun!

3. Berikan asupan makanan hangat

Agar suhu badan si kecil tetap stabil meski baru main hujan-hujanan, Bunda bisa memberikan makanan hangat seperti sup atau bisa juga minuman cokelat hangat. Makanan dan minuman yang hangat akan menghilangkan sisa-sisa suhu dingin dari hujan.

4. Tidur yang cukup

Istirahat juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Nah, agar anak tidak jatuh sakit setelah hujan-hujanan, sebaiknya segera beristirahat.

Tips ini mudah dilakukan karena biasanya anak akan merasa lelah setelah puas bermain. Tidur yang cukup akan mengembalikan stamina anak dan menjauhkannya dari penyakit.

Ternyata, bermain air hujan aman untuk anak-anak. Dengan catatan, setelah selesai bermain, anak harus segera mandi dan menghangatkan tubuh. Menghangatkan tubuh akan mengembalikan suhu tubuh yang turun karena terkena hujan.

Meski begitu, perlu diingat juga, di balik manfaat main hujan-hujanan, terkadang anak tetap bisa sakit karena terkena hujan. Kalau sudah begini, si kecil pasti akan merasa tidak nyaman. Tak perlu panik, Bunda bisa kok memberikan kenyamanan kepada anak saat demam dengan ByeBye-FEVER Anak. Plester kompres multifungsi ini dapat menjadi pertolongan pertama membantu menurunkan demam hingga 3 derajat celcius dan juga memberikan efek sejuk yang terasa hingga 10 jam, lho. Si kecil jadi tetap merasa nyaman, deh!

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down