Element

ASI Booster Alami Buat Bunda yang MengASIhi

ASI Booster Alami Buat Bunda yang MengASIhi

Wah, hari nan fitri semakin dekat nih. Bunda sudah merencanakan hidangan apa saja nanti? Tapi ingat, hari raya bukan alasan untuk kita makan sembarang ya. Apalagi Bunda masih dalam masa menyusui. Justru mengonsumsi makanan buat booster ASI itu penting.

 

Sekalipun lebaran adalah momen kita makan enak bareng orang-orang terdekat, tetap saja Bunda perlu menjaga asupan agar bisa memberikan ASI terbaik bagi si kecil. Kalau begitu, ByeBye-FEVER bakal rangkum nih lima asupan sehat yang juga berfungsi sebagai ASI booster alami buat Bunda.

1.Oat

Oat mengandung zat besi dan serat yang dapat menjadi sumber karbohidrat yang baik. Rutin mengonsumsi oatmeal dapat meningkatkan produksi ASI Bunda saat menyusui. Kandungan gizinya juga dapat memberikan rasa rileks untuk menjauhkan kita dari stres. Jika bosan mengolahnya menjadi bubur, Bunda dapat mengreasikannya menjadi overnight oat, pancake, smoothies, atau kue kering sebagai makanan booster ASI.

 

2.Bawang Putih

Ternyata selain menambah kelezatan makanan, bawang putih juga berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI, lho. Bawang putih kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan asam amino yang berguna bagi si kecil.  Tapi, jangan dikonsumsi secara berlebihan, karena bawang putih dapat mempengaruhi rasa dan aroma ASI. Beberapa bayi ternyata sangat sensitif terhadap bau bawang putih pada ASI yang bisa membuat mereka rewel atau kolic. 

 

3. Sayur

Bunda yang sedang menyusui sebaiknya mengonsumsi sayur lebih sering. Contohnya bayam, wortel, tomat, katuk, dan selada yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Sayuran ini yang tak hanya meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI, tapi juga berguna untuk kesehatan Bunda dan si kecil. Jadi, pastikan selalu ada sayur di setiap menu makan Bunda setiap harinya. 

 

4.Buah

Buah juga tidak kalah penting lho, Bunda. Selain mengandung banyak vitamin, buah-buahan seperti pisang, melon, mangga, jeruk, dan anggur memiliki kandungan potasium untuk ASI yang lebih banyak dan bergizi. Konsumsi buah juga membantu melancarkan sistem pencernaan Bunda setelah melahirkan. Yuk, perbanyak lagi makan buahnya.

 

5.Kacang-kacangan dan biji-bijian 

Jenis kacang-kacangan seperti almond banyak dikonsumsi oleh ibu menyusui di Amerika karena kaya akan protein dan kalsium. Konsumsi almond dapat meningkatkan produksi ASI serta membuat rasa dan teksturnya lebih preferable untuk si kecil. Selain itu, biji-bijian seperti wijen dan flaxseed kaya akan kalsium dan esterogen untuk memperbanyak kuantitas ASI yang Bunda hasilkan. Untuk rasa yang lebih enak,  Bunda dapat memasukkan kacang atau biji ke dalam sup, menjadikannya toping kue, atau sebagai pelengkap salad.

Jadi, sudah tahu kan makanan apa saja yang harus Bunda sediakan di kulkas sebagai ASI booster? Yang jelas, makan asupan bergizi dengan seimbang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI Bunda. Pastikan juga si kecil dapat menyusui dengan rasa aman dan nyaman seperti plester kompres ByeBye-FEVER yang juga aman dan nyaman saat menempel di kulit si kecil. 

Tetap jaga kesehatan ya Bunda dan jangan stres. Kalau jenuh dan lelah, minta Ayah menjaga si kecil untuk sementara agar Bunda bisa me time seperti ini sejenak. Yuk, share artikel ini dan bagikan juga pengalaman Bunda selama mengASIhi si kecil!

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down