Element

ART Belum Balik Mudik? Yuk, Intip 5 Tips Membersihkan Rumah!

ART Belum Balik Mudik? Yuk, Intip 5 Tips Membersihkan Rumah!

ART tidak kunjung balik setelah mudik lebaran? Waduh, Bunda pasti jadi kelabakan melakukan pekerjaan rumah sambil mengurus si kecil! Namun, tak perlu khawatir ya, Bun. Untuk memudahkan Bunda, ada beberapa tips membersihkan rumah yang bisa dilakukan. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

1. Tentukan jadwal bersih-bersih rumah

Salah satu tips membersihkan rumah yang bisa Bunda lakukan adalah menyusun jadwal bersih-bersih. Susun jadwal ini berdasarkan prioritas dan buat list agar lebih mudah. Misalnya, bagi ruangan rumah dalam beberapa kelompok, mana yang harus dibersihkan setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali.

Untuk ruangan-ruangan yang setiap hari jadi pusat lalu-lalang, seperti dapur, ruang makan, dan kamar tidur, bisa dibersihkan setiap hari. Sementara itu, ruangan seperti kamar mandi, ruang tamu, garasi, dan lainnya bisa dibersihkan seminggu atau sebulan sekali. Alangkah lebih baik jika Bunda juga berbagi tugas dengan ayah supaya pekerjaan rumah terasa lebih ringan.

2. Hindari menumpuk cucian piring kotor

Tips membersihkan rumah yang kedua adalah jangan biarkan piring kotor menumpuk. Bunda bisa membiasakan anggota keluarga untuk mencuci gelas dan peralatan makannya sendiri setelah digunakan. Cara ini akan meringankan pekerjaan Bunda juga saat ditinggal ART pulang kampung.

Cucian piring yang menumpuk juga bisa memicu stres, lho, Bun. Belum lagi kalau Bunda ingin cari gelas, tapi ternyata tidak tersisa satu pun yang bersih. Maka dari itu, membiasakan hal kecil seperti cuci piring sendiri adalah hal yang cukup mudah dipraktikkan oleh seluruh anggota keluarga saat ART sedang mudik.

3. Manfaatkan jasa laundry

Berikutnya yang tak kalah penting adalah memanfaatkan jasa laundry. Sekarang sudah banyak sekali yang membuka bisnis laundry. Jadi, Bunda tak perlu khawatir lagi memikirkan cucian baju seluruh anggota keluarga yang menumpuk. Tinggal di-laundry, baju orang rumah bisa bersih dan licin kembali!

Harga laundry kini juga cukup kompetitif, kok, Bun. Kalau Bunda ingin hasil yang cepat, biasanya harganya akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan paket biasa. Namun, dengan harga yang biasa, Bunda juga sudah bisa mendapatkan baju bersih dan licin kembali hanya dalam rentang waktu 2-3 hari saja. Cepat, kan, Bun? Tidak perlu repot-repot gosok baju sendiri lagi!

4. Bagi tugas dengan anggota keluarga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pekerjaan rumah akan terasa lebih ringan jika Bunda bagi-bagi tugas dengan Ayah atau anak. Bunda bisa minta tolong Ayah untuk merapikan tempat tidur, mencuci piring, atau menyapu lantai. Melibatkan Ayah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga juga bisa jadi cara bonding yang asyik, lho!

Selain melibatkan Ayah dalam pekerjaan rumah tangga, anak juga bisa dilatih untuk menyelesaikan tugas-tugas kebersihan. Bunda bisa mulai dari pekerjaan paling ringan, yakni meminta anak untuk merapikan mainannya sendiri. Seandainya si kecil merasa lelah dan kepanasan saat bersih-bersih, Bunda bisa tempelkan ByeBye-FEVER Anak untuk memberikan rasa nyaman padanya.

ByeBye-FEVER Anak adalah plester kompres yang praktis dan bisa ditempelkan di berbagai area, seperti dahi, ketiak, tengkuk, hingga pipi si kecil. Hidrogel yang ada dalam ByeBye-FEVER dapat membantu memberikan rasa sejuk saat si kecil merasa panas setelah beres-beres rumah dan mainannya. Anak jadi bisa kembali merasa nyaman, deh!

Namun, kegunaan ByeBye-FEVER Anak tidak hanya itu ya, Bun. Bunda juga bisa memakaikan plester kompres ini pada anak untuk meredakan demam dan nyeri akibat sakit gigi.

5. Tidak ada salahnya pakai bantuan teknologi

Hidup di zaman digital memang sangat menguntungkan, apalagi jika dikaitkan dengan pekerjaan rumah tangga. Kini, Bunda tak perlu lagi capek menyapu untuk membersihkan kotoran dan debu di lantai, sebab ada robo vacuum yang bisa bantu menyerap debu-debu secara otomatis. Bunda jadi bisa mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, deh! Selain itu, Bunda juga bisa pakai vacuum cleaner untuk mengangkat debu-debu yang menempel di furnitur rumah. Mudah dan praktis, kan?

 

Nah, setelah tahu lima tips membersihkan rumah di atas, Bunda tak perlu khawatir lagi ditinggal ART yang masih mudik. Buat jadwal bersih-bersih dan ajak orang rumah untuk bersama-sama membereskannya, ya! Tidak ada salahnya juga untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti vacuum cleaner dan robo vacuum. Yuk, bersih-bersih rumah!

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down