Element

6 Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Menyehatkan

6 Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Menyehatkan

Bunda sudah tahu, kan, kalau kebutuhan akan nutrisi meningkat saat masa kehamilan? Ternyata, selain mencukupi kebutuhan mineral dan waktu istirahat, asupan makanan saat masa kehamilan juga perlu untuk diperhatikan. Hal ini penting agar Bunda dan bayi dalam kandungan bisa tumbuh sehat secara bersamaan, apalagi saat usia kandungan masih cukup muda.

Memangnya, apa saja rekomendasi makanan untuk ibu hamil muda? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya, Bun!

1. Susu

Photo Credit: Charlotte May (Pexels)

Makanan untuk ibu hamil muda yang pertama adalah susu dan berbagai produk olahannya, seperti keju maupun yoghurt. Sebab, susu tak hanya kaya akan protein dan kalsium, tapi juga mengandung vitamin D, iodium, dan asam folat yang baik untuk tumbuh kembang janin.

Agar semakin aman, pastikan Bunda memilih susu yang telah melewati proses pasteurisasi. Tahapan tersebut dilakukan dengan cara memanaskan susu pada suhu 60 sampai 70 derajat Celcius selama 30 menit. Tujuannya untuk membunuh bakteri dan kuman yang terdapat dalam susu mentah.

2. Gandum

Photo Credit: Mariana Kurnyk (Pexels)

Bukan hanya protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil, karbohidrat juga masih menjadi salah satu asupan yang wajib untuk dipenuhi. Karbohidrat dapat membantu mencukupi kebutuhan energi janin dan menjaga kondisi kesehatan pencernaan Bunda.

Jika tak ingin terlalu banyak mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat, Bunda bisa memilih gandum sebagai gantinya. Gandum memiliki kandungan serat yang lebih banyak sehingga Bunda bisa merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari risiko obesitas.

3. Telur, daging, dan ikan

Photo by Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash

Telur, daging, atau ikan juga merupakan asupan makanan untuk ibu hamil muda yang baik untuk dikonsumsi, Bun. Ketiga makanan tersebut bisa membuat daya tahan tubuh Bunda dan calon bayi menjadi semakin kuat.

Selain itu, protein juga dapat membantu pertumbuhan otot dan jaringan pada janin. Itulah kenapa telur, daging, dan ikan menjadi makanan yang tak boleh dilewatkan ibu hamil muda, khususnya yang menginjak masa kehamilan pada trimester pertama.

4. Sayuran

Photo Credit: Polina Tankilevitch (Pexels)

Berikutnya, Bunda juga tak boleh melewatkan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat menjalani masa kehamilan. Sayuran seperti kangkung, brokoli, dan bayam terbukti kaya akan vitamin A, K, dan C, serta mengandung kalsium, kalium, antioksidan, dan zat besi.

Bunda bisa mengonsumsi sayuran dengan berbagai macam cara, seperti dijus, ditumis, maupun dijadikan sebagai salad. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan sayuran sebelum diolah menjadi menu makanan selama masa kehamilan.

5. Buah-buahan

Photo Credit: Lukas (Pexels)

Tak kalah penting dari sayuran, buah juga menjadi makanan untuk ibu hamil muda yang tidak boleh dilewatkan. Mengonsumsi buah-buahan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar metabolisme Bunda.

Dengan daya tahan tubuh yang baik saat menjalani masa kehamilan, otomatis Bunda akan jarang terserang virus. Sehingga, Bunda akan terhindar dari penyakit yang bisa membahayakan kondisi kesehatan calon bayi.

6. Kacang-kacangan

Photo Credit: R Khalil (Pexels)

Terakhir, ada kacang-kacangan sebagai salah satu makanan untuk ibu hamil muda yang bisa Bunda konsumsi. Kacang-kacangan di sini maksudnya seperti kacang polong, buncis, kacang panjang, dan kedelai ya, Bun.

Bunda juga bisa mengkonsumsi kacang almond maupun mede untuk dijadikan camilan yang praktis dan enak. Nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan antara lain adalah asam folat, kalsium, dan protein.

 

Selain mengonsumsi makanan untuk ibu hamil muda yang sehat bagi calon bayi dan Bunda sendiri, jangan lupa juga untuk mempersiapkan kebutuhan saat sang buah hati hadir nanti. Misalnya dengan mengetahui vaksin apa saja yang perlu diberikan kepada si kecil setelah lahir atau cara tepat menyimpan stok ASI perah. Untuk mendapatkan informasi penting lain seputar kesehatan anak dan keluarga, Bunda bisa klik di sini, ya!

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down