Element

Pertolongan Pertama ala Bunda Febie saat Anak Sakit Gigi

Pertolongan Pertama ala Bunda Febie saat Anak Sakit Gigi

Sakit gigi sudah pasti bikin anak enggak nyaman, Bun. Makanya ia jadi rewel, bad mood bahkan bisa sampai demam. Lantas, apa yang sebaiknya Bunda lakukan? Kita cari tahu jawabannya berdasarkan pengalaman Bunda Febie yuk!

Sebagai salah satu Bunda pintar ByeBye-FEVER, Bunda Febie bercerita telah memercayai plester kompres demam ByeBye-FEVER sejak anak-anaknya masih bayi. Pertama kali, ia menggunakan ByeBye-FEVER Bayi ketika anaknya mengalami demam usai menjalani vaksin. Sekarang pun Bunda Febie masih lanjut menggunakan ByeBye-FEVER Anak untuk kedua anaknya, yakni Kenzo (5 tahun) dan Keiko (3 tahun). 
 

 

plester kompres demam

Instagram: @febyeles

 

Bunda Febie termasuk ibu yang suka sharing pengalamannya menggunakan ByeBye-FEVER di akun Instagramnya lho. Maka dari itu, ByeBye-FEVER tertarik untuk mengangkat salah satu kisahnya di ruangnyamanbunda.com.  Nah kali ini, Bunda Febie ingin berbagi pengalamannya dalam menangani sakit gigi karena pertumbuhan gigi yang disertai demam pada kedua anaknya.

Sakit gigi mungkin menjadi salah satu masalah kesehatan anak yang paling umum terjadi. Penyebab sakit gigi pada anak sebenarnya beragam banget Bunda, mulai dari kebiasaan makan yang kurang baik, gusi bengkak, gigi berlubang, hingga tumbuh gigi. 

“Anak-anakku pernah mengalami nyeri pada saat tumbuh gigi. Memang tidak setiap tumbuh gigi selalu nyeri, tapi biasanya anak-anakku akan merasa nyeri bahkan demam saat tumbuh gigi geraham. Mungkin karena ukuran gigi geraham lebih besar dibanding gigi lainnya, jadi saat geraham mulai keluar dari gusi, prosesnya terasa nyeri pada anak,” cerita Bunda Febie. 

#TauNggakSihBun, anak memang bisa merasa nyeri ketika giginya sedang tumbuh. Kalau gigi berlubang, anak bisa mengalami nyeri akibat terjadinya infeksi. Tapi kalau tumbuh gigi, nyeri bisa muncul akibat gusi mengalami peradangan. Sebelum berada di usia dewasa, anak akan mengalami fase tumbuh gigi dua kali Bun, yakni pertumbuhan gigi susu pada waktu bayi dan pertumbuhan gigi tetap, menggantikan gigi susu yang akan tanggal satu per satu. Nah, baik infeksi maupun peradangan, keduanya ini dapat menyebabkan demam, Bun.

Nah beberapa waktu lalu Bunda Febie mewakili Bunda pintar ByeBye-FEVER sharing  #BincangNyaman bersama drg. Vania Mariska Putri dari SehatQ untuk bahas tentang kekhawatiran Bunda kalau si kecil bisa sakit gigi karena takjil manis. Dalam #BincangNyaman tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari serta mengatasi sakit gigi pada anak, diantaranya:

  • Ajak si kecil sikat gigi 2 (dua) kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

  • Gunakan pasta gigi anak dan pastikan sikat gigi yang digunakan sesuai dengan ukuran mulut si Kecil agar dapat menjangkau sela-sela gigi.

  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis secara berkala. Misalnya, jika si kecil terbiasa makan satu permen setiap hari, berikan ia batasan dengan memberikannya hanya satu permen dalam dua hari, hingga lama-lama ia bisa membiasakan diri untuk tidak selalu sering makan permen. Jangan lupa, jika si kecil berhasil, berikan apresiasi juga ya, Bun.

  • Gunakan sedotan saat minum minuman manis untuk mengurangi durasi gigi terpapar gula.

  • Jika sudah terlanjur sakit gigi, Bunda bisa menempelkan plester kompres multifungsi ByeBye-FEVER di pipi anak sebagai pertolongan pertama. Namun jika disertai demam, plester ditempelkan pada jidat atau lipatan ketiak anak.

 

sakit gigi

Instagram @febyeles

 

Tapi ingat, ByeBye-FEVER itu bukan obat sakit gigi ya, Bun. Perhatikan gejala yang muncul dan segera periksakan si kecil ke dokter gigi jika sakitnya tak kunjung membaik. Dan perihal sakit gigi pada anak ini, ByeBye-FEVER bekerja sama dengan SehatQ untuk membahasnya lebih detail melalui IG TV #BincangNyaman di Instagram. Jangan lupa ditonton ya, Bun!

Kembali pada cerita Bunda Febie. Karena menerapkan langkah-langkah pertolongan pertama di atas, terutama memakaikan plester kompres demam ByeBye-FEVER pada anak, Bunda Febie pun mengaku anak-anaknya jadi merasa lebih nyaman selama perawatan sakit gigi yang disertai demam.

Sebagai plester kompres demam andalan selama 17 tahun, ByeBye-FEVER dapat membantu menurunkan panas hingga tiga derajat Celcius. Saat plester digunakan, hidrogel sejuk akan menyerap panas tubuh dan membuangnya melalui pori-pori tubuh. Kemudian, sensasi sejuk dari hidrogel ini mampu bertahan hingga 10 jam hingga membuat si kecil merasa nyaman, senyaman sentuhan Bunda.

“Rasa nyaman itulah yang mengurangi resiko anak rewel ketika sakit. Saking nyamannya, sering kali anak-anakku sampai tertidur nyenyak. Begitu bangun tidur, biasanya demam mereka sudah turun,” jelas Bunda Febie.

Jadi sekarang, apakah Bunda siap memberikan pertolongan pertama menggunakan ByeBye-FEVER saat anak sakit gigi dan mulai demam? Oh iya, jika pengalaman Bunda menggunakan ByeBye-FEVER ingin diangkat seperti Bunda Febie, yuk ceritakan pengalaman tersebut di akun Instagram Bunda. Jangan lupa tag ByeBye-FEVER dan ajak teman-teman Bunda untuk sharing juga, because sharing is caring!  Sampai berjumpa di artikel berikutnya, Bun.

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down