Element

Pekan ASI Sedunia: Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini dan Pemberian ASI Eksklusif

Pekan ASI Sedunia: Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini dan Pemberian ASI Eksklusif

Bunda, sudah tahu belum kalau tanggal 1 hingga 7 Agustus 2022 merupakan Pekan ASI Sedunia? Kampanye yang diusung secara global ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menyusui. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersama dengan UNICEF menyerukan kepada seluruh negara untuk mendukung kampanye global ini, terutama di Indonesia yang mengalami penurunan angka ASI eksklusif. 

Riset Kesehatan Dasar atau RISKESDAS mencatat ada penurunan sekitar 12 persen penerima ASI eksklusif dari tahun 2019. Angka inisiasi menyusui dini pun juga turun dari 58,2 persen ke 48,6 persen pada tahun ini, Bun. Berangkat dari fakta inilah, WHO dan UNICEF mengajak pemerintah Indonesia untuk menggalakkan kampanye Pekan ASI Sedunia.

Apa itu inisiasi menyusui dini? 

Apakah Bunda sudah tahu apa itu inisiasi menyusui dini? Inisiasi menyusui dini, atau kadang disebut dengan IMD, adalah proses ketika Bunda memberikan ASI kepada bayi dalam kurun waktu satu jam pertama setelah kelahiran. Manfaat dari inisiasi menyusui dini tak hanya akan dirasakan oleh si kecil, namun juga Bunda sendiri, lho. 

Saat Bunda melakukan inisiasi menyusui dini, sentuhan si kecil akan merangsang hormon oksitosin dalam diri Bunda. Hormon ini akan membantu rahim berkontraksi sehingga risiko pendarahan setelah melahirkan bisa berkurang. Bunda juga akan merasa tenang dan santai ketika bersentuhan dengan si kecil. Dengan begitu, air susu dapat keluar lebih lancar.

Optimalkan dengan pemberian ASI eksklusif 

Bunda bisa ikut menyukseskan Pekan ASI Sedunia dengan memberikan ASI eksklusif bagi si kecil. ASI merupakan sumber nutrisi yang baik bagi anak. Air Susu Ibu ini idealnya diberikan secara eksklusif ketika bayi berusia 0-6 bulan. Pada fase ini, kualitas ASI harus diperhatikan agar manfaat yang diterima si kecil jadi lebih maksimal.

Di samping itu, pemberian ASI pun sebaiknya juga dilanjutkan hingga si kecil memasuki umur dua tahun, ya, Bun. Dengan begitu, tahap perkembangan si kecil akan semakin maksimal mengingat masa-masa ini adalah periode emas perkembangan mereka.

Kenapa keduanya begitu penting untuk anak, Bun?

Pemberian ASI eksklusif dan inisiasi menyusui dini sangat penting dilakukan karena akan ada banyak manfaat yang diterima oleh bayi dan Bunda sendiri. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Bunda dan si kecil rasakan!

1. Memberikan kolostrum bagi bayi saat inisiasi menyusui dini

Ketika melakukan inisiasi menyusui dini, Bunda akan menyalurkan kolostrum yang merupakan komponen ASI saat pertama kali keluar. Kolostrum ini sangat bermanfaat guna perkembangan usus bayi sehingga sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Selain itu, kolostrum juga mengandung vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata dan juga untuk mengurangi infeksi.

2. Melindungi bayi dari penyakit

Inisiasi menyusui dini juga bisa melindungi bayi dari segala macam penyakit, lho, Bun. Nutrisi yang terkandung dalam ASI sangat dibutuhkan bayi dalam enam bulan pertama, itulah kenapa masa itu disebut pemberian ASI eksklusif. ASI dapat menangkal penyakit seperti diare dan bahkan pneumonia yang mudah menjangkiti para bayi. Maka dari itu, Pekan ASI Sedunia diadakan agar daya tahan tubuh bayi terhadap bakteri buruk menjadi lebih baik berkat pemberian ASI.

3. Maksimalkan perkembangan otak dan fisik bayi

Manfaat ketiga akan sangat terasa bagi perkembangan otak serta fisik si kecil. ASI eksklusif bisa membantu proses perkembangan otak pada anak. Pasalnya, di umur 0-6 bulan, mereka belum bisa menerima asupan lain selain ASI. Untuk itulah, ASI akan sangat membantu perkembangan selama periode emas mereka.

4. Mempererat hubungan Bunda dan si kecil

​​

Manfaat terakhir adalah mempererat hubungan Bunda dengan si kecil. Ketika proses menyusui terjadi, ada kegiatan saling bersentuhan antara Bunda dan anak. Kontak inilah yang akan memberikan kenyamanan bagi sang bayi dan juga Bunda sendiri. Bayi bisa lebih jarang menangis jika berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan Bunda.

 

Nah, sekarang Bunda sudah paham, kan, betapa pentingnya inisiasi menyusui dini dan ASI eksklusif bagi si kecil? Namun, mungkin ada beberapa dari Bunda yang sibuk bekerja dan tak sempat menyusui anak secara langsung. Tak perlu khawatir karena Bunda bisa memerah ASI dengan memakai alat pompa khusus. Setelah memompa ASI, Bunda bisa menyimpan ASI perah dengan tepat agar ASI dapat diberikan kepada si kecil dalam keadaan baik. Berikan nutrisi terbaik bagi si kecil agar tumbuh kembangnya maksimal, ya, Bun!

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down