Element

PAUD dan Playgroup, Apa Bedanya?

PAUD dan Playgroup, Apa Bedanya?

Penting enggak sih si kecil masuk kelas PAUD? Baiknya ketika ia sudah menginjak usia berapa? PAUD sama playgroup itu berbeda ya? Baik, semua pertanyaan dan keresahan Bunda tersebut akan ByeBye-FEVER jawab secara tuntas, simak penjelasannya di bawah ini ya!

Bunda pasti sepakat bahwa pendidikan adalah salah satu kebutuhan sekaligus bekal kehidupan yang tidak dapat ditawar. Pendidikan menjadi fondasi penting untuk masa depan si kecil. Tidak heran, setiap tahunnya, apalagi jika sudah masuk tahun ajaran baru, banyak Bunda yang menghadapi dilema, apakah harus memasukkan si kecil ke PAUD atau playgroup sebelum ke sekolah dasar (SD)? Yuk, pahami dulu perbedaannya agar tidak salah kaprah dan Bunda pun bisa merasa lebih nyaman, senyaman sentuhan Bunda dalam memilih pendidikan terbaik untuk si kecil.

 

PAUD bukan lembaga pendidikan

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan yang diberikan sebelum si kecil memasuki jenjang pendidikan dasar, yaitu ketika berusia 1-8 tahun. Jadi, anggapan bahwa PAUD adalah lembaga pendidikan itu salah ya, Bun. Nah, di dalam jenjang PAUD, ada beberapa lembaga pendidikan seperti playgroup, taman kanak-kanak (TK), Bimba, atau lembaga pendidikan lainnya, baik yang formal atau non-formal.

 

PAUD tidak fokus mengajarkan membaca dan menghitung

Pada jenjang PAUD, membaca, menulis, atau berhitung (calistung) bukan menjadi materi utama yang diajarkan lho, Bun. Karena pada jenjang ini, si kecil hanya akan ditanamkan nilai-nilai jasmani dan rohani yang baik sehingga dirinya mampu percaya diri dan optimal menunjukkan kemampuannya di masa-masa emas pertumbuhannya.

 

Playgroup hanya untuk usia 2-4 tahun

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu lembaga pendidikan di dalam jenjang PAUD adalah playgroup atau dikenal juga dengan sebutan kelompok bermain. Playgroup adalah lembaga pendidikan non-formal yang ditujukan untuk anak berusia 2-4 tahun. Beberapa materi yang diajarkan di playgroup adalah pengembangan motorik, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, serta cara bersikap dan berperilaku. Metode pembelajarannya pun dikemas dengan cara yang menyenangkan, salah satunya seperti metode Montessori.

 

Dominasi aktivitas fisik di playgroup

Dari mewarnai hingga bermain di luar ruangan, kegiatan yang dilakukan di playgroup didominasi pada aktivitas fisik. Kurikulum dalam playgroup pun telah dirancang seideal mungkin agar si kecil mendapatkan kesempatan bermain yang bervariasi sekaligus menstimulasi potensi si kecil. Oleh karena itu, peran Bunda dalam pendidikan playgroup harus sangat aktif untuk mengikuti dan mengawasi si kecil selama melakukan kegiatan di kelompok bermainnya, agar ia selalu nyaman melakukan rangkaian kegiatannya, senyaman sentuhan Bunda.

 

Jadi kesimpulan singkatnya, PAUD itu jenjang pendidikan, sedangkan playgroup adalah lembaga pendidikannya. Setelah mengetahui perbedaannya, sekarang Bunda bisa memiliki pengetahuan yang lebih jelas akan pendidikan dini untuk si kecil. Apalagi, usia balita adalah usia emas untuk bertumbuh dan berkembang. Dikutip dari artikel Kompas.com, pada usia emas hingga anak berusia 5 tahun, otak anak akan tumbuh dan berkembang sangat cepat sehingga peran Bunda, termasuk mempersiapkan pendidikan dini begitu penting.

Yang tidak kalah penting juga, saat si kecil aktif mengikuti kegiatan belajar dan bermain, tak jarang ia akan mengalami kelelahan dan kegerahan. Oleh karena itu, pastikan Bunda selalu menyiapkan plester kompres ByeBye-FEVER yang dapat menjadi pertolongan pertama bagi si kecil saat kegerahan karena aktif bermain dan belajar, terutama pada saat cuaca panas. 

Plester kompres ByeBye-FEVER enggak cuma bermanfaat sebagai kompres demam saja lho Bun, kandungan hidrogelnya yang dapat memberikan sensasi sejuk hingga 10 jam pada kulit si kecil juga pas banget digunakan kala si kecil sedang merasa gerah sehingga ia merasa lebih adem dan nyaman. 

Semangat terus menyiapkan pendidikan sejak dini untuk si kecil ya, Bun dan pastikan Bunda rajin mengunjungi ruangnyamanbunda.com untuk mendapatkan beragam informasi menarik dan bermanfaat bagi Bunda dan keluarga tercinta!

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down