Element

Mengenal Apa Itu Arsenic Hour, Saat Bayi Menangis Kencang Malam Hari

Mengenal Apa Itu Arsenic Hour, Saat Bayi Menangis Kencang Malam Hari

Bunda pasti pernah mengalami kondisi buah hati tiba-tiba menangis, terutama saat malam hari. Hati rasanya sedih karena si kecil tak bisa berhenti menangis meski sudah dihibur. Bunda pun tidak bisa mengidentifikasi apa sebenarnya penyebab bayi menangis secara tiba-tiba. Keadaan tersebut mungkin merupakan arsenic hour, Bun. Apa itu arsenic hour pada bayi dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu arsenic hour?

Arsenic hour adalah waktu saat bayi tiba-tiba menangis. Biasanya, bayi akan menangis pada malam hari dan membutuhkan waktu minimal 30 menit hingga satu jam. Pada beberapa kasus, ada banyak bayi yang menghabiskan waktu lebih dari satu jam menangis tanpa sebab.

Kondisi seperti ini wajar dialami si kecil sejak memasuki umur dua hingga tiga minggu dan terus meningkat hingga enam atau delapan minggu. Kondisi arsenic hour pada bayi akan berkurang sendirinya saat si kecil sudah menginjak usia tiga atau empat bulan. 

Mungkin bagi beberapa orang tua baru, kondisi ini akan sangat mengkhawatirkan. Namun, Bunda tak perlu takut, arsenic hour adalah hal yang wajar terjadi. Meski hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa menjelaskan penyebab pasti arsenic hour, Bunda bisa mempersiapkan diri. 

Kemungkinan penyebab arsenic hour pada bayi

Untuk menangani bayi tiba-tiba menangis pada malam hari, Bunda bisa mengacu pada kemungkinan penyebabnya. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, penyebab pasti apa itu arsenic hour belum ditemukan. Namun, kemungkinan penyebab arsenic hour yang paling besar adalah kolik. Kolik adalah kondisi bayi merasa perutnya tidak nyaman. Si kecil yang menderita kolik dapat Bunda kenali saat ia mengepalkan tangan.

Kemungkinan penyebab yang lainnya adalah kelelahan. Kurangnya waktu beristirahat bisa memicu kelelahan yang dirasakan oleh si kecil, lho, Bun. Kemungkinan yang lainnya adalah kelaparan dan kekurangan ASI. Pada malam hari, produksi ASI akan menurun sehingga bisa saja bayi tidak sabar dan kelaparan. Perut yang kelaparan pasti akan memicu anak menangis. 

Cara menghadapi arsenic hour

Menghadapi sesuatu yang tidak diketahui penyebabnya pasti akan membingungkan bagi para orang tua. Namun, Bunda tak perlu khawatir dan bisa lebih menyiapkan diri menghadapi arsenic hour pada anak. Berikut adalah cara mengatasi bayi yang tiba-tiba menangis kencang.

1. Gendong bayi

Cara paling efektif untuk mengurangi dan bahkan menghentikan tangisan bayi adalah dengan menggendongnya. Gendonglah bayi dengan posisi menempel dada seperti sedang memeluk. Setelahnya, Bunda bisa membawanya jalan-jalan di sekitar rumah. Cara ini akan membuat bayi merasa lebih nyaman.

2. Menyalakan white noise 

Bunda juga bisa menyalakan white noise untuk mengatasi arsenic hour. White noise adalah suara yang bisa menyamarkan suara lain yang mengganggu. Misalnya seperti suara hujan, suara TV statis, atau suara hair dryer. Suara ritmik ini akan menyerupai suara yang bayi dengar saat masih dalam kandungan, sehingga si kecil akan merasa tenang.

3. Pastikan si kecil merasa nyaman

Bunda harus memastikan bahwa si kecil tidur dalam keadaan yang tenang dan nyaman. Misalnya, kondisi kamar atau rumah yang berisik dan panas bisa mengganggu aktivitas tidurnya.

 

Nah, bila si kecil merasa kepanasan atau gerah, Bunda bisa memberikan ByeBye-FEVER Bayi yang memberikan efek sejuk. Tempelkan ByeBye-FEVER pada tengkuk si kecil agar ia merasa nyaman. ByeBye-FEVER aman digunakan serta memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak membuat iritasi kulit, Bun. Tenang saja, ByeBye-FEVER dapat digunakan oleh bayi berusia 0-2 tahun. Dengan ByeBye-FEVER, si kecil pun bisa merasa lebih nyaman Senyaman Sentuhan Bunda.

4. Meredupkan lampu saat menyusui

Menyusui adalah aktivitas yang menenangkan bayi. Agar si kecil lebih nyaman dan rileks, ada baiknya Bunda meredupkan lampu selama menyusui. Dengan begitu, bayi akan merasa lebih tenang.

5. Minta bantuan pasangan

Cara mengatasi arsenic hour yang terakhir adalah bekerja sama dengan pasangan. Menenangkan si kecil yang tiba-tiba menangis bisa menguras tenaga Bunda. Untuk itu, mintalah bantuan pasangan dan tenangkan si kecil secara bergantian. Jika Bunda kelelahan, menolong si kecil yang tak bisa berhenti menangis tidak akan efektif.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu arsenic hour beserta kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya. Ingat selalu untuk tetap tenang dan tidak panik saat si kecil mulai menangis, ya, Bun. Selalu periksa kenyamanannya agar tidur malamnya tidak terganggu. Semoga tangisan si kecil bisa segera mereda, ya, Bun!

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down