Element

Hari Gizi Nasional: Pentingnya Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan

Hari Gizi Nasional: Pentingnya Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan

Gizi 1000 hari pertama kehidupan si kecil sangatlah penting. Pada periode inilah terjadi berbagai pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Oleh karenanya, Bunda harus sangat memperhatikan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan si kecil. Terlebih, periode ini tidak akan bisa terulang kembali.

#TauNggakSihBun, hitungan gizi 1000 hari pertama kehidupan sebenarnya bukan dimulai saat si kecil lahir, tapi jauh sebelum itu. Perhitungan tersebut dimulai saat pembuahan berhasil. Jadi, 1000 hari pertama kehidupan adalah sembilan bulan dalam kandungan dan dua tahun setelah Si Kecil dilahirkan. Mengapa periode ini sangat penting bagi perkembangan si kecil?

Perkembangan otak terjadi pada fase ini

Pemenuhan gizi 1000 hari pertama kehidupan sangat penting bagi tumbuh kembang si kecil. Rentang waktu antara kehamilan hingga anak berusia 2 tahun merupakan periode kritis. Sebab, pertumbuhan dan perkembangan anak ditentukan dalam periode 1000 hari tersebut.

Jika 1000 hari pertamanya baik, anak akan tumbuh optimal. Sebaliknya, jika gizi tidak terpenuhi pada 1000 hari pertamanya, anak akan rentan mengalami penyakit, bahkan hingga dewasa nanti.

Periode ini juga menjadi waktu perkembangan otak anak. Sekitar 70-80% perkembangan massa otak terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan. Saat bayi lahir, ia memiliki sekitar 100 miliar sel otak. Sel-sel tersebut akan berkembang pesat jika gizi si kecil terpenuhi pada 1000 hari pertama kehidupannya.

Anak bertumbuh tinggi dengan cepat

Selain mendukung perkembangan otak, pemenuhan gizi 1000 hari pertama kehidupan bayi juga bermanfaat untuk perkembangan fisiknya. Gizi yang baik pada 1000 hari pertama anak akan membuatnya tumbuh tinggi dengan cepat. Dalam kondisi ideal, di usia dua tahun, anak akan lebih tinggi 75% dari tinggi badannya saat lahir.

Memang tinggi badan bisa dikejar pada periode waktu yang lain. Namun, 1000 hari pertama kehidupan si kecil tetaplah krusial. Sebab, kekurangan gizi pada 1000 hari pertama bisa menimbulkan gangguan permanen. Untuk itu, jangan sampai si kecil tidak tercukupi kebutuhan gizinya ya, Bunda.

Nutrisi selama kehamilan juga berpengaruh

Banyak yang salah menganggap bahwa 1000 hari pertama kehidupan dimulai pada saat anak lahir. Namun, sebenarnya hitungan tersebut justru dimulai saat pembuahan berhasil. Artinya, nutrisi selama Bunda mengandung si kecil pun berpengaruh.

Selama masa kehamilan, Bunda harus memenuhi kebutuhan nutrisi, baik itu untuk diri sendiri maupun si kecil. Konsultasikan dengan dokter apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Pemberian ASI pada anak

Setelah si kecil lahir, pemenuhan nutrisi pun tidak boleh berhenti. Pemberian nutrisi terbaik untuk bayi yang baru lahir tak lain adalah melalui pemberian ASI. Jika memungkinkan, Bunda sebaiknya melakukan IMD atau Insiasi Menyusu Dini. Selain baik untuk pemenuhan nutrisi bayi baru lahir, IMD juga membangun jalinan kasih antara Bunda dan si kecil. Dari IMD, Bunda bisa melanjutkan dengan memberikan ASI Eksklusif hingga bayi berusia enam bulan.

Di usia enam bulan, bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan lain atau MPASI (makanan pendamping ASI). Dalam tahap ini, tidak perlu terburu-buru memaksa bayi untuk mengenal makanan baru. Sebaliknya, Bunda bisa jadikan proses tersebut untuk mengeksplorasi tumbuh kembang si kecil.

Bahaya malnutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan

Sebenarnya, apa dampak yang bisa muncul jika si kecil mengalami malnutrisi pada 1000 hari pertamanya? Dampak yang paling mudah dikenali adalah anak menjadi lebih mudah sakit. Sebab, malnutrisi pada periode waktu tersebut bisa menurunkan daya tahan tubuh si kecil.

Selain itu, malnutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan juga berisiko menimbulkan penyakit metabolik seperti kadar lemak tinggi, obesitas, hingga diabetes. Jika dibiarkan, kondisi tersebut bahkan bisa menimbulkan penyakit lain yang lebih serius seperti jantung koroner dan stroke.

 

Dari sini, Bunda bisa menyimpulkan bahwa gizi 1000 hari pertama kehidupan merupakan hal krusial bagi tumbuh kembang si kecil. Untuk itu, dalam momen Hari Gizi Nasional, jangan lupa untuk selalu memperhatikan nutrisi si kecil, termasuk saat anak masih dalam kandungan Bunda.

Namun, ada kalanya penyakit tetap sulit untuk dihindari meski nutrisi tercukupi. Penyebabnya bisa sangat bermacam-macam, entah itu karena perubahan cuaca atau bahkan situasi pandemi seperti sekarang ini. Jika sudah begitu, yang bisa Bunda lakukan adalah memberikan pertolongan pertama kepada si kecil. Untuk itu, sebagai orang tua kita bisa menciptakan rasa nyaman yang #SenyamanSentuhanBunda dengan Bye-Bye FEVER Bayi sebagai pertolongan pertama saat anak demam.

 

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down