Element

Belajar Online di Rumah Secara Efektif? Bisa Dong!

Belajar Online di Rumah Secara Efektif? Bisa Dong!

Si kecil masih harus belajar di rumah sampai hari ini? Bunda enggak sendirian kok. Di luar sana, para Bunda dan buah hatinya juga melakukan hal yang sama. Nah, bagaimana sih cara agar si kecil dapat belajar secara efektif di rumah? Apa iya, Bunda harus duduk berjam-jam di sampingnya demi mendampinginya belajar online?

Gara-gara situasi pandemi, Bunda pasti merasakan bermacam tantangan yang muncul akibat peralihan kegiatan belajar dari lingkungan sekolah ke lingkungan rumah. Dan mungkin, salah satu bentuk tantangan yang paling berasa adalah menggantikan peran guru di sekolah bagi si kecil. Setelah berbulan-bulan, Bunda mungkin sudah mulai menyadari kalau menggantikan peran guru di sekolah itu rupanya bukan perkara mudah. Ditambah lagi, kita juga harus menyesuaikan diri sama teknologi digital yang dipakai sekolah buat melangsungkan pendidikan serta menciptakan ruang belajar yang kondusif di rumah.

Tapi walau berat, bukan berarti enggak bisa kan, Bun? Makanya ByeBye-FEVER bakal berbagi tips agar Bunda bisa survive dan mampu mendukung si kecil dalam melaksanakan belajar online di rumah dengan efektif dan nyaman, senyaman rasa sejuk yang dihasilkan hidrogel plester ByeBye-FEVER saat menempel di kulit si kecil yang lagi demam.

Oke, yang harus Bunda lakukan pertama kali adalah perbanyak koordinasi dengan guru si kecil. Setidaknya ada dua hal bisa Bunda lakukan, yakni memastikan semua tugas si kecil diselesaikan dan bantu anak mengecek pesan-pesan harian dari gurunya. Sebagai contoh, Bunda bisa kirim email ke guru si kecil untuk mengklarifikasi tugas-tugasnya sehingga bisa dikumpulkan sesuai jadwal. Jangan lupa juga balas pesan-pesan dari sekolah yang membutuhkan tindak lanjut ya, Bun!

Tips kedua, coba ciptakan ruang atau area belajar di rumah yang nyaman buat si kecil. Suasana rumah memang enggak bisa sepenuhnya kondusif buat belajar, tapi mungkin kamar si kecil, kamar Bunda, atau ruang keluarga bisa Bunda kondisikan sedemikian rupa agar menjadi ruang belajar yang nyaman. Selain memfasilitasi ruang tersebut sesuai dengan kebutuhan belajar si kecil, pastikan pula ruang tersebut jauh dari kebisingan serta hal-hal yang dapat mendistraksi si kecil, punya penerangan yang cukup, dan punya sirkulasi udara yang lancar. Oh iya, sebelum kegiatan belajar dimulai, pastikan si kecil sudah menyantap cukup makanan ya, Bun sehingga ia bisa konsentrasi saat belajar. 

Terakhir sebagai tips ke tiga, ajarkan tata tertib pada si kecil. Misalnya, ia harus sekolah pada area belajar yang tersedia juga tidak memegang gadget atau mainan di waktu sekolah. Ajari ia juga dan jadilah teladan terkait etika dalam menggunakan video conference seperti mematikan mic untuk mencegah masuknya suara asing, bicara secara bergantian, menyalakan video untuk menghormati guru yang memberikan materi, dan sebagainya. 

Lalu soal belajar online ini, apakah Bunda harus terus-terusan berada di samping si kecil selama kelas berlangsung? Jawabannya: tergantung usia anak, Bun. Kalau anak sudah berada di sekolah dasar, tepatnya kelas 3 SD ke atas, mungkin Bunda hanya perlu sesekali mengecek si kecil belajar. Di bawah itu, sepertinya si kecil masih butuh didampingi Bunda atau orang kepercayaan lainnya.

Setelah si kecil melaksanakan kewajiban belajarnya dengan baik, jangan lupa berikan apresiasi ya, Bun dan izinkan pula ia melakukan kegiatan yang ia sukai, termasuk main game atau nonton video favoritnya di YouTube. Pastikan saja semuanya berjalan dalam pengawasan Bunda dan tidak berlebihan. Kemudian, karena sekolah online ini sudah berjalan berbulan-bulan, Bunda pun perlu berulang kali menyemangati si kecil. Selain lewat ucapan, bentuk penyemangat juga bisa hadir lewat segelas smoothie atau sepiring kue favorit si kecil yang bisa Bunda berikan sebelum, di waktu istirahat, atau setelah kelas online. 

Semangat ya, Bun! Adaptasi ini memang cukup menguras pikiran dan tenaga, tapi yang jelas, Bunda bukan satu-satunya orang yang berjuang di masa pandemi ini, terutama untuk urusan sekolah online. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Bunda lainnya sebagai bentuk penyemangat dari Bunda untuk mereka.

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down