Element

ASI Eksklusif Lancar Meski Bunda Sibuk Bekerja

ASI Eksklusif Lancar Meski Bunda Sibuk Bekerja

Setelah cuti melahirkan selama tiga bulan berlalu, Bunda pun harus segera kembali bekerja di kantor. Kalau seperti ini, apakah bisa si kecil mendapatkan ASI eksklusifnya? Bisa dong Bunda, jangan khawatir! Di luar sana, ada banyak kok Bunda bekerja yang berhasil memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya. Kuncinya, Bunda punya tekad yang kuat dan melengkapi diri dengan berbagai peralatan pompa ASI yang memadai. 

  

Masih dalam momen pergantian tahun, Bunda juga harus makin semangat nih meraih impian, termasuk memenuhi kebutuhan ASI si kecil bahkan sampai ia berusia dua tahun. Berikut "peralatan tempur" yang perlu Bunda siapkan agar pumping ASI di kantor berjalan lancar.

 

1.Pompa ASI

Pompa ASI atau breast pump merupakan peralatan tempur paling utama bagi Bunda yang bekerja untuk mengumpulkan stok ASI kapan pun dan di mana pun. Pompa ASI akan sangat membantu Bunda untuk memerah ASI dengan lebih cepat dan nyaman. 

Bunda bisa saja memerah ASI secara manual menggunakan tangan, namun ASI yang dihasilkan jadi lebih sedikit dan lebih lama. Karena lebih cepat dan mudah, pompa ASI juga bikin bunda semangat mengumpulkan ASI selama Bunda di kantor. Jangan lupa untuk melakukan riset sebelum membeli pompa ASI ya, supaya Bunda dapat memilih merk pompa ASI yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Bunda!

 

2. Wadah ASI

Selain pompa ASI, Bunda butuh juga wadah untuk menampung perahan ASI. Ada banyak jenisnya, bisa berupa botol kaca, toples kecil, botol plastik, dan wadah plastik. Wah banyak juga ya, Bunda! Tapi pilihan wadah ASI ini dapat disesuaikan dengan preferensi Bunda. 

Seperti contohnya pada botol kaca yang lebih aman karena tidak perlu takut adanya zat kimia sintetis, selain itu lebih mudah dibersihkan karena lemak pada ASI tidak menempel di bahan kaca saat dicuci. 

Bunda juga dapat menggunakan wadah ASI berupa jar atau toples. Kelebihannya mulutnya lebih lebar, jadi cocok digunakan untuk Bunda yang memilih memerah ASI dengan tangan tanpa menggunakan pompa ASI. 

Untuk wadah ASI dengan botol plastik, keuntungannya lebih ringan dibawa-bawa dan tidak perlu takut pecah kalau dibawa dalam cooler bag. Kekurangannya adalah harganya relatif lebih mahal dan agak lebih susah dibersihkan. 

Ada juga wadah ASI berupa kantong plastik ASIP. Menyimpan ASI dalam wadah ini dapat menjadi solusi untuk menyiasati keterbatasan ruang di kulkas. Kantong plastik ASIP ini cocok digunakan para Bunda dengan mobilitas tinggi, karena ringan, anti pecah, dan lebih fleksibel.

Apabila Bunda memilih botol atau wadah plastik, jangan sembarangan membeli ya! Pilih botol atau wadah ASI plastik yang BPA free agar si kecil terhindar dari paparan zat sintetis berbahaya.

 

3. Cooler Bag

Cooler bag sangat berguna untuk menyimpan perahan ASI selama di kantor dan di perjalanan. Selain itu, cooler bag juga berfungsi sebagai wadah untuk membawa peralatan pompa ASI dan stok botol ASIP. 

Kini banyak cooler bag yang trendy untuk menunjang penampilan Bunda masa kini yang selalu semangat meraih impian. Karena dibawa sehari-hari, Bunda dapat memilih cooler bag yang sesuai dengan gaya kepribadian Bunda.

 

4. Ice Gel

Ice gel atau ice packs berfungsi sebagai pendingin dalam cooler bag agar ASI tetap dalam kondisi prima saat disimpan. Ada beberapa merk cooler bag yang sekaligus menyediakan ice gel di dalamnya, namun juga ada yang harus dibeli terpisah. 

 

Oh iya, sebagai tambahan, Bunda juga disarankan membawa nursing cover agar bisa memerah ASI di mobil atau di meja kantor, tanpa perlu mencari ruangan kosong.  

Dengan semangat pergantian tahun, Bunda pasti makin pintar dalam memenuhi kebutuhan si kecil sehingga ia selalu merasa nyaman dan mendapat ASI eksklusif sekalipun Bunda pergi bekerja. Sama halnya dengan ByeBye-FEVER yang senantiasa memberikan rasa nyaman layaknya sentuhan Bunda kepada si kecil kala ia mengalami demam.

Mountain
Cloud Cloud Cloud Cloud
keyboard_arrow_down